Minggu, 16 Juni 2013

APA ITU FLU??? APA ITU PILEK???


Check it out!!!

      

A.     Penyebab Flu
Flu atau pilek adalah gejala yang timbul akibat virus influenza, merupakan penyakit menular yang disebabkan oleh RNA virus dari famili orthomyxoviridae. Pilek bukan hanya menyerang manusia tetapi juga binatang. Ada 3 jenis kelompok virus penyebab flu, jenis-jenis tersebut disebutkan sebagai berikut:
a.      Virus influenza A menjangkiti mamalia termasuk manusia dan juga jenis burung.
b.      Virus influenza B menjangkiti hanya manusia
c.       Virus influenza C menjangkiti hanya manusia
Virus jenis A adalah virus yang biasany mematikan dan penyebab epidemis dan pandemis. Tersusun atas dua protein virus (haemaglutinin dan neuraminidase) yang penting bagi siklus kehidupan virus. Virus ini menyerang sistem pernafasan yang ditularkan dari satu orang yang terinfeksi ke orang lain melalui udara atau air. Virus yang banyak menyerang manusia umumnya virus B dan C. Virus ini tidak mematikan dan sangat mudah penularannya.
Gejala-gejala yang sering ditimbulkan yaitu : demam, sakit kepala dan hidung tersumbat, batuk kering, kerongkongan gatal, hidung mampet dan bersin-bersin. Hidung mampet yang biasanya diderita akan menyebabkan sulit untuk bernafas sehingga sering bernafas lewat mulut. Jika sudah sakit akan kehilangan nafsu makan.
Virus ini menimbulkan gangguan pada sistem pernafasan karena sistem pernafasan juga berhubungan dengan organ lain dalam tubuh, maka akan muncul pula gangguan lain. Gangguan mudah timbul pada organ di sekitarnya yaitu telinga hidung dan tenggorokan (THT), semisal gangguan pada keseimbangan atau pendengaran.
B.      Pencagahan dan pengobatan

Virus flu penyebarannya melalui media seperti air, udara, dan sentuhan. Penyakit sangat mudah menular, namun hal ini tergantung juga oleh kondisi tubuh. Jika tubuh dalam keadaan sehat, gizi terpenuhi, olahraga dan istirahat cukup maka kemungkinan kecil untuk terserang flu. Sebagai langkah pencegahan perlu mencuci tangan sebelum makan, karena virus mudah berada di tangan melalui udara. Perlu juga menjaga jarak dengan penderita flu karena media udara paling cepat dan cara termudah untuk perantara masuknya virus dalam tubuh manusia.
Menurut penelitian dari American Academy of Pediatrics (AAP), untuk menyembuhkan penyakit ini secara umum tidak perlu menggunakan obat-obatan antibiotik. Penggunaan antibiotik dapat menimbulkan efek yang cukup berbahaya. Penggunaan vitamin untuk meningkatkan daya tahan tubuh sangat diperlukan. Untuk itu, perlu menambah porsi makanan yang banyak mengandung vitamin. Vitamin C dan beta karoten adalah antioksidan yang baik untuk pembasmi virus dan sering ditemukan dalam makanan.

Antioksidan dan menstimulir fungsi imun dan membantu tubuh memerangi penyakit dan infeksi. Sayuran dan buah-buahan sangat baik dikonsumsi sebagai sumber vitamin alami. Air garam dapat digunakan untuk mengencerkan ingus dengan cara di teteskan, namun harus dipastikan steril. Dalam kondisi hidung mampet, baik juga meminum air hangat untuk mengurangi derita pilek. Jika rumah  menggunakan AC maka perlu dimatikan. Jika flu diiringi dengan demam setelah lebih dari 3 kali 24 jam, perlu diperiksakan ke dokter.



0 komentar:

Poskan Komentar